Thursday, April 2, 2015

Perbedaan antara Jurnal Ilmiah, Prosiding, dan Paper Conference


Dalam dunia publikasi ilmiah, biasanya ada 3 istilah, Prosiding (Proceeding), Journal, dan Conference Paper. Ketiganya memiliki kesamaan dan perbedaan. Yuk kita bahas ketiganya.


Seberapa Pentingkah Jurnal Ilmiah, Prosiding, dan Paper Conference?
Pada dasarnya, Jurnal Ilmiah, Prosiding, dan Paper Conference adalah sebuah karya ilmiah. Ketiganya jamak dalam dunia akademisi, terutama di kalangan peneliti di perguruan tinggi.

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa dalam sebuah iklim ilmiah, seseorang tak hanya cukup dia membuat karya, namun ia juga harus membuat publikasi atas karyanya tersebut. Dan sebagaimana iklim ilmiah selama ini, maka si peneliti harus mempublikasikannya dalam bentuk tulisan. Istilah sederhananya, ia harus "woro-woro" bahwa ia melakukan penelitian itu. Nah "woro-woro" nya bukan ke koran, atau televisi, tapi dalam bentuk media ilmiah. Nah, Jurnal Ilmiah, Prosiding, dan Paper Conference adalah bentuk dari media ilmiah tersebut.

Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah adalah sebuah kumpulan dari jurnal hasil penelitian. Bentuknya biasanya kurang lebih mirip majalah, namun dengan format berisi kumpulan rangkuman karya ilmiah yang dibuat masing-masing peneliti. Ia terbit dala.m setiap jangka waktu tertentu (bisa bulanan, bisa dwi bulanan, atau bahkan tahunan). Diterbitkan oleh lembaga publikasi ilmiah, baik berupa kampus, perusahaan, ataupun media lainnya
Sebuah jurnal biasanya spesifik untuk satu topik tertentu sebagai contoh jurnal khusus pengobatan alternatif, jurnal bidang jaringan komputer, dlsb. Sebagaimana majalah, adakalanya ada  edisi khusus dari sebuah topik yang sedang hangat.
Ohya, untuk membedakan jurnal ilmiah dengan paper conference biasanya ada pada jumlah halamannya yang lebih banyak untuk satu karya ilmiah.

Salah satu ciri utama dari Jurnal Ilmiah adalah adanya peer review dari seseorang atau sekelompok orang ahli. Peer review itu adalah hasil karya kita akan di review, untuk menilai seberapa valid dan layak karya tulisan terbit di jurnal tersebut. Diterima / ditolak, dlsb. Proses peer review kurang lebih akan seperti proses bimbingan skripsi / thesis dimana kita diminta untuk melakukan perbaikan ini dan itu.

Proceeding / Prosiding

Pada dasarnya prosiding mirip sekali dengan jurnal ilmiah, dari segi bentuk, kekhusususan topik, ataupun hal-hal sejenis. Bahkan pada dasarnya proseeding adalah jurnal ilmiah, dengan satu perbedaan utama (Dan mendasar).
Satu hal utama yang membedakan ialah biasanya  prosiding adalah hasil dari konferensi ilmiah.  Tidak seperti jurnal yang merupakan khusus untuk publikasi ilmiah. Ibaratkan jurnal itu majalah, maka prosiding ibarat ada seminar, lalu makalah-makalah seminar itu dikumpulkan dan diterbitkan.
Umumnya standar sebuah prosiding tidak seketat pada jurnal ilmiah. Bahkan ada pula prosiding yang bahkan tidak mengalami peer review. Penerbit proceeding umumnya dapat mengetahui apakah prosiding yang ingin ia submit mengalami proses peer reviewed atau tidak.
Hal ini tentu saja, membuat Proceeding memiliki tingkat level ke-ilmiahan yang lebih sedikit dibandingkan Jurnal Ilmiah.

Paper Conference

Paper reference pada dasarnya mirip dengan jurnal ilmiah, namun biasanya lebih ringkas (jumlah halaman lebih sedikit). Hal ini menjadi pembeda utama dengan jurnal ilmiah yang bisa sangat panjang (rata-rata jurnal minimal 6 halaman, sedangkan paper conference 2-5 halaman).
Nah, ciri utama dengan Jurnal Ilmiah adalah selain dipublikasikan dalam bentuk jurnal, Paper Conference juga diseminarkan dalam sebuah forum conference ilmiah. Ada sebuah event dimana para peneliti yang akan mempresentasikan hasil karya ilmiahnya dalam forum tersebut. Nah selain presentasi, materi mereka akan dipublikasikan di kumpulannya, menjadi sebuah Paper Conference.
Dalam paper conference, menyesuaikan conference yang diadakan, adakalanya ada yang terdapat peer review, namun kadang pula ada yang tidak.

Demikian Perbedaan antara Jurnal Ilmiah, Prosiding, dan Paper Conference, semoga bisa membantu Anda. Jangan lupa komentar / tinggalkan jejak untuk diskusi lebih lanjut tentang tulisan ini.

Mudaris Halokes Web Developer

25 comments:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda. Saya juga mempunyai berbagai jurnal yang bisa anda kunjungi di Publikasi Sastra

    ReplyDelete
  2. Ass min, apa perbedaannya antara international seminar dengan international conference, wslam

    ReplyDelete
  3. trimakasih atas info yang dberikan

    ReplyDelete
  4. trimakasih atas info yang dberikan

    ReplyDelete
  5. Kumpulan paper yang baik dan benar untuk tugas mahasiswa ada disini :

    http://paper.student.gunadarma.ac.id/

    ReplyDelete
  6. ijin share yah min
    semoga tulisannya barokah

    ReplyDelete
  7. Trimakasih atas infonya
    Bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  8. Trimakasih atas infonya
    Bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  9. Terimakasih sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Tks sngt bermanfaat & informatif

    ReplyDelete
  11. Sangat bermanfaat infonya.
    Jika butuh terjemahan dokumen, Jasa Translator solusinya. www.jasatranslator.com
    (Cepat, murah, memuaskan, pengalaman sejak 2007)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apkah bisa d terbitkan d dua tempat misal d jurnal d s2x n prosidfing masih dlm satu artikel

      Delete
  12. terimakasih tulisannya semoga bermanfaat www.almaisouvenir.com

    ReplyDelete
  13. Sangat membantu, kunjungi juga web anakit yang menyediakan contoh program-program php, java, c++,python, html dll dengan mengunjungi www.anakit.id

    ReplyDelete
  14. Artinya klu ada seminar dan wkt nya sdh mepet, kita bisa kirim karya kita yg kita sdh siapkan sebelumnya atau yg kita bikin sekarang mll proses penelitian yg sgt prndek ...gitu kah??

    ReplyDelete